Rabu, 30 November 2011

PALESTINA DALAM SEJARAH: Palestina Dalam Naungan Islam (Bagian 1)

NABI MUHAMMAD MENGAWALI PEMBEBASAN PALESTINA16
Isra dan Sejumlah Peperangan Permulaan
•    Tahun 10 dari kenabian/620 M. Terjadi peristiwa Isra dan Mi’raj Rasulallah Shalallahu 'Alaihi Wasalam yang menunjukkan kesucian Al-quds dan keagungan Baitul Maqdis bagi kaum Muslimin. Masjid  Al-Aqsha hingga saat ini menjadi kiblat pertama ummat Islam       (QS. Al-Isra ayat 1).
•    Tahun 622M/1 H. Terjadilah peristiwa hijrahnya Rasulallah ke Madinah Munawarah untuk memulai fase baru bagi peradaban manusia termasuk di dalamnya Palestina. Saat itu, Masjid Al-Aqsa masih menjadi kiblat pertama bagi ummat Islam hingga tahun ke 2 Hijrah.
•    Tahun ke 5H/627M.  Farsi dan Yahudi mengadakan perjanjian. Kemudian bangsa Romawi mengambilnya dari Farsi. Yahudi kemudian bergabung dengan Nashrani untuk melawan Farsi. Akan tetapi nashrani menipu Hercules dan memisahkan diri dari Yahudi, hingga terjadilah pembantaian besar-besaran terhadap bangsa Yahudi.
•    Tanggal 15 Syawal tahun 2 H. Terjadi perang Bani Qainuqo (antara Yahudi dan kaum muslimin). Pada bulan Rabiul Awalnya tahun 4 H. terjadi juga perang Bani Nadhir dan pada 23 Dzulqo’dah tahun 5 H terjadi perang Bani Quraizah, karena mereka menghianati perjanjian dan berakhirlah eksistensi Yahudi di Madinah Munawarah.
•    1 Muharram tahun 7 H/628. Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasalam mengirim surat kepada Hercules untuk menawarkan Islam. Namun kaum Qisis (para pendeta) menolak Islam. Maka Hercules tetap pada agamanya.
•    Akhir bulan Muharram tahun ke 7 Hijriyah. Terjadi perang Bani Khaibar, Fadak, Wadi Qura serta perang Taima. Dan pada zaman Umar Ibnu Khottob semua bangsa Yahudi diusir dari Khaibar, karena mereka menyalahi perjanjian dari perang Fadak, Wadil Qura, habisnya keberadaaan yahudi di Jazirah Arab.
•    Jumadil Awwal tahun 8 H/629 M. Terjadi perang Mu’tah di sebelah selatan Yordania. Sementara Romawi tetap bercokol di Syam dan Palestina.
•   Bulan Rajab tahun 9 H/629M. Terjadi perang Tabuk dan Nabi mengadakan rekonsiliasi dengan penduduk Ailah (Aqobah), sebelah selatan Palestina. Ikut dalam perjanjian ini adalah suku Taima, jarba, Muqna, Daumah dan Jandal.
•   30 Shafar tahun 11 hijriyah/bulan kelima tahun 632 M. Rasulallah menyiapkan pasukan yang akan dipimpin Usamah bin zaid untuk memerangi bangsa Romawi. Namun keberangkatan pasukan ini diundurkan, karena Rasulallah Shalallahu 'Alaihi Wasalam sakit. Sebelumnya Nabi telah mempersiapkan pembebasan Masjid al-Aqsha dan Al-Quds, sekitar 23 tahun yang lalu. Hal ini memberikan pelajaran bagi kita tentang tahapan dan fase, mengingat kelemahan kaum Muslimin, dan perlunya mereka akan tarbiyah serta pelatihan disamping persiapan untuk menghadapi musuh, dalam rangka menempuh jalan kemerdekaan.


16Bidayah wa Niahayah juz 3 hal 108-118, juz 4 hal 99-102, 262-273, juz 5 hal 2-18, juz 6 hal 304-305, tahzib Sirah Ibnu Hisyam hal 89, 238, 135-242, Thariq ila Baitil Maqdis hal 59,61,63, Tarikh Filistin 70,72,82 La Thariqo Gairo Jihad hal 74-75, 86-87 Thariq ila Al-Quds hal 52-53 Filistine Tarikh Mushowwar 71-76.

0 Komentar:

Posting Komentar

Mohon tanggapan, kritik. saran dan masukan....
Jazakakumullah Khair..

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes